PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD GUGUS IV SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1448Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan quasi eksperimen berdesain Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 yang belajar menggunakan metode talking stick berbantuan mind mapping, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 yang belajar menggunakan metode ceramah, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok yang belajar dengan metode talking stick berbantuan mind mapping dan kelompok yang belajar dengan metode ceramah. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di gugus IV Kecamatan Sukasada Kabupaten tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling terhadap kelas yang sudah disetarakan. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas IV SD No. 2 Sukasada sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas IV B SD No. 3 Sukasada sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi yang telah divalidasi yang selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen membentuk kurve poligon juling negatif, berkategori sangat baik dengan skor rata-rata (M) sebesar 67,95, (2) hasil belajar IPS siswa kelompok kontrol memiliki skor rata-rata (M) sebesar 50,19 dengan kategori cukup membentuk kurve poligon juling positif, (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan anatara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode talking stick berbantuan mind mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah.
Kata kunci: Talking Stick, Mind Mapping
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)