PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD GUGUS IV SUKASADA

Authors

  • Ayu Lia Kristiani, Ni Wyn. Arini, I Nym. Murda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1448

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan quasi eksperimen berdesain Post Test Only with Non Equivalent Control Group Design. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 yang belajar menggunakan metode talking stick berbantuan mind mapping, (2) mendeskripsikan hasil belajar IPS siswa kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 yang belajar menggunakan metode ceramah, (3) mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok yang belajar dengan metode talking stick berbantuan mind mapping dan kelompok yang belajar dengan metode ceramah. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV di gugus IV Kecamatan Sukasada Kabupaten tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling terhadap kelas yang sudah disetarakan. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas IV SD No. 2 Sukasada sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas IV B SD No. 3 Sukasada sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi yang telah divalidasi yang selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) hasil belajar IPS siswa kelompok eksperimen membentuk kurve poligon juling negatif, berkategori sangat baik dengan skor rata-rata (M) sebesar 67,95, (2) hasil belajar IPS siswa kelompok kontrol memiliki skor rata-rata (M) sebesar 50,19 dengan kategori cukup membentuk kurve poligon juling positif, (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan anatara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode talking stick berbantuan mind mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah.

 

Kata kunci: Talking Stick, Mind Mapping

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Nym. Murda, A. L. K. N. W. A. (2013). PENGARUH METODE TALKING STICK BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SD GUGUS IV SUKASADA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1448

Issue

Section

Articles