PENGARUH STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBANTUAN MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI DESA LELATENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1480Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi pemahaman konsep IPA siswa kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung. (2) mengetahui deskripsi pemahaman konsep IPA siswa kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran concept mapping berbantuan media presentasi pembelajaran. (3) mengetahui perbedaan pemahaman konsep IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran concept mapping dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SD di Desa Lelateng Kecamatan Negara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di desa Lelateng yang berjulmlah 133 orang. Sampel penelitian yaitu siswa kelas IV SD no 1 Lelateng sebanyak 27 orang dan siswa kelas IV SD No 3 Lelateng sebanyak 34 orang. Data pemahaman konsep dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda diperluas dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t, dengan prasyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) pemahaman konsep IPA siswa kelompok eksperiment berada pada katagori tinggi. (2) pemahaman konsep IPA siswa kelompok kontrol berada pada katagori sedang dan (3) terdapat pengaruh pemahaman konsep IPA siswa kelas IV Semester II SD di Desa Lelateng Kecamatan Negara yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran concept mapping berbantuan media presentasi pembelajaran dan kelompok siswa yang mengikuti strategi pembelajaran langsung (thitung > ttabel, thitung = 5,2801 dan ttabel = 2,001).
Kata-kata kunci: strategi pembelajaran concept mapping, pemahaman konsep IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)