PENERAPAN PENDEKATAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NO. 2 PEMARON
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1481Abstract
AbstrakPenelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya pendekatan PAKEM pada siswa kelas IV di SD No.2 Pemaron.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV SD No. 2 Pemaron.Data penelitian tentang aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia diperoleh dengan metode observasi dan metode tes.Penelitian dilaksanakan selama dua siklus.Pertemuan I dan II untuk pembelajaran, serta pertemuan III pemberian tes siklus.Data dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II.Pada siklus I, rata-rata persentase aktivitas belajar siswasebesar 65% dengan kategori cukup aktif.Pada siklus II, rata-rata persentase aktivitas belajar siswasebesar 80%termasuk dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar 69,25% dengan kategori sedang. Pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80,5% dengan kategori tinggi. Jadi, aktivitas belajar meningkat 15% dan hasil belajar meningkat sebesar 11,25% setelah diadakan tindakan.
Kata kunci:pendekatanpakem, aktivitas belajar, hasil belajar.
Downloads
Published
2013-01-08
How to Cite
I Md. Suarjana, M. K. N. W. A. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN (PAKEM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NO. 2 PEMARON. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1481
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)