PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS 1 SIDEMEN KARANGASEM
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1482Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kecamatan Sidemen Karangasem tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kecamatan Sidemen Karangasem tahun ajaran 2012/2013. Sampel ditentukan dengan tehnik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sidemen dan SD Negeri 3 Sinduwati. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes dengan instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda biasa.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajarsiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningdengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 3,52 >ttabel = 2,000). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learningberpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus 1 Kecamatan Sidemen Karangasem.
Kata-kata kunci:model pembelajaran problem based learning dan hasil belajar IPA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)