PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI 1 BUNGBUNGAN

Authors

  • I Km. Suka Wardhiana, I. G. A. Agung S., Ni Wyn.Suniasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1483

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil blajar denganmodel pembelajaran kooperatif tipe snowball throwingpada pembelajaran PKn siswa kelas V semester II SD Negeri1 Bungbungan Kecamatan Banjarangkan tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,subyek dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 orang dan objek penelitiannyaadalah keaktifan dan hasil belajar PKn.Data keaktifan siswa dikumpulkan menggunakan metode observasi, sedangkan data hasil belajar PKn dikumpulkan melalui metode tes yaitu tes hasil belajar. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptifuntuk mencari rata-rata kelas dan persentase tingkat hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkandengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar.Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I 65,20% dan pada siklus II  81,00% atau dengan kata lain terjadi peningkatan keaktifan siswa sebesar 15,80% termasuk dalam kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I  65,25% dan pada siklus II  83,25%. Telah terjadi peningkatan hasil belajar IPA sebesar 18,00% dalam pedoman PAP skala 5 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan data tersebutpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn siswa.

Kata kunci :Snowball Throwing, keaktifan,hasil belajar dan PKn

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Wyn.Suniasih, I. K. S. W. I. G. A. A. S. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn KELAS V SD NEGERI 1 BUNGBUNGAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1483

Issue

Section

Articles