PENGARUH PENDEKATAN BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLES TIME) TERHADAP PRESTASI CALISTUNG SISWA KELAS I SD DI DESA SUDAJI KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1485Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan prsetasi calistung siswa kelas I SD Negeri di Desa Sudaji Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013 yang dibelajarkan dengan pendekatan BCCT; (2) Mendeskripsikan prestasi calistung siswa kelas I SD Negeri di Desa Sudaji Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng tahun Pelajaran 2012/2013 yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional; (3) Mengetahui perbedaan prestasi calistung siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan BCCT dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post test only control group design. Sampel sebanyak 2 kelas, yang terdiri atas 52 orang. Kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan dengan tekhnik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal, yaitu: (1) prestasi calistung siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan BCCT tergolong sangat tinggi; (2) prestasi calistung siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional tergolong tinggi; (3) terdapat perbedaan prestasi calistung siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan BCCT dengan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan BCCT berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi calistung siswa SD 2 Sudaji Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.
Kata kunci: Beyond Center And Circles Time, Prestasi calistung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)