PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV

Authors

  • Km. Rosita Giri, I Nym. Wirya, Dwa. Pt. Raka Rasana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1486

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran course review horay, untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional,  dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran course review horay dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 140 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling dengan teknik undian yang berjumlah 50 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian  menemukan bahwa: hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran course review horay berada pada kategori sedang (rata-rata sebesar 14,78), hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat rendah (rata-rata sebesar 9,12), dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran course review horay dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (thitung = 64,77 > ttabel = 2,000). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran course review horay berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: pembelajaran course review horay, pembelajaran konvensional, hasil belajar IPA

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Dwa. Pt. Raka Rasana, K. R. G. I. N. W. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1486

Issue

Section

Articles