PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1486Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran course review horay, untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran course review horay dengan kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 140 siswa. Sampel diambil dengan cara random sampling dengan teknik undian yang berjumlah 50 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menemukan bahwa: hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran course review horay berada pada kategori sedang (rata-rata sebesar 14,78), hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional berada pada kategori sangat rendah (rata-rata sebesar 9,12), dan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran course review horay dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (thitung = 64,77 > ttabel = 2,000). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran course review horay berpengaruh terhadap hasil belajar IPA dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: pembelajaran course review horay, pembelajaran konvensional, hasil belajar IPA
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)