PENERAPAN TEKNIK MENULIS BERBENTUK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GILIMANUK

Authors

  • I Pt. Roby Antara1, Ni Kt. Suarni Ndara Tanggu Renda

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1488

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Gilimanuk Kecamatan Melaya setelah diterapkannya penerapan teknik menulis berbentuk gambar pada siswa kelas V SD Negeri 2 Gilimanuk Kecamatan Melaya Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Gilimanuk Kecamatan Melaya yang jumlahnya 38 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk menentukan hasil belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa dengan menggunakan teknik menulis berbentuk gambar pada siklus I tingkat keterampilan menulis puisi siswa baru mencapai hasil belajar sebesar 65,00%. Pada Siklus II tingkat keterampilan menulis puisi siswa telah mencapai hasil belajar 80,13%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik menulis berbentuk gambar dalam pembelajaran menulis dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi.

 

Kata kunci: teknik menulis berbentuk gambar, keterampilan menulis puisi

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ndara Tanggu Renda, I. P. R. A. N. K. S. (2013). PENERAPAN TEKNIK MENULIS BERBENTUK GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GILIMANUK. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1488

Issue

Section

Articles