PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD GUGUS IX

Authors

  • Ni Pt. Tri Ariani, Ni Wyn. Arini, I Dw. Pt. Raka Rasana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1494

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan menulis puisi kelas V semester II di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu  menggunakan Posstest Only Control Group Design. Variabel bebas berupa strategi pembelajaran Think Talk Write dan variabel terikat adalah keterampilan menulis puisi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas V SD No.1 Astina sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD No. 1 Banjar Jawa  sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik undian. Dari hasil uji kesetaraan dengan anava didapatkan bahwa populasi yang terlibat di dalam penelitian ini adalah setara. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes menulis puisi. Datanya diambil dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji “t” di atas diketahui thitung = 4,4018 dengan db = 62 dan taraf signifikansi 5%diketahui ttabel = 2,000. Dari hasil perhitungan tersebut diketahui thitung > ttabel ini berarti hasil penelitian signifikan.

Kata Kunci : TTW, keterampilan menulis puisi

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

I Dw. Pt. Raka Rasana, N. P. T. A. N. W. A. (2013). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD GUGUS IX. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1494

Issue

Section

Articles