PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTERST, ASSESSMENT DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD

Authors

  • Ni Kd. Sri Hindayani, Md. Sumantri, Dsk. Putu Parmiti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1495

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar Matematika pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan hasil belajar Matematika pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARIAS dan kelas siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain post test only control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 56 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes esai, yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa diperoleh skor rata-rata (M) pada kelompok kontrol adalah 27,23, (2) hasil belajar matematika siswa diperoleh skor rata-rata (M) pada kelompok eksperimen adalah 36,46, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri  Batur Kecamatan Kintamani. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 5 Batur Kecamatan Kintamani.

 

Kata-kata kunci: model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, Matematika

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Dsk. Putu Parmiti, N. K. S. H. M. S. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTERST, ASSESSMENT DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1495

Issue

Section

Articles