PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTERST, ASSESSMENT DAN SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1495Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar Matematika pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, (2) mendeskripsikan hasil belajar Matematika pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARIAS dan kelas siswa yang dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan desain post test only control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 56 siswa. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes esai, yang dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa diperoleh skor rata-rata (M) pada kelompok kontrol adalah 27,23, (2) hasil belajar matematika siswa diperoleh skor rata-rata (M) pada kelompok eksperimen adalah 36,46, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Negeri Batur Kecamatan Kintamani. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 5 Batur Kecamatan Kintamani.
Kata-kata kunci: model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, Matematika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)