PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SDN 2 DAN 3 KALIUNTU

Authors

  • I Dw. Md. Suma Pariana, Wyn. Koyan, A. A. Gede Agung

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1496

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengangkat masalah tentang rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 dan 3 kaliuntu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 dan 3 Kaliuntu. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain post-test only control group design,dan sampel sebanyak 48 orang yang diambil secara acak dengan teknik undian. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensialuji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dengan mean               (M) = 12,68 termasuk dalam kategori sedang, (2) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model cooperative berbantuan media Gambar dengan mean (M) = 19,35 termasuk dalam kategori tinggi, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative berbantuan media Gambar dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional ( = 19,35>= 12, 68). Rata-rata siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk write berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kaliuntu kabupaten Buleleng.

 

Kata kunci: Think Talk Write, Media Gambar, Hasil Belajar

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

A. A. Gede Agung, I. D. M. S. P. W. K. (2013). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SDN 2 DAN 3 KALIUNTU. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1496

Issue

Section

Articles