PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SDN 2 DAN 3 KALIUNTU
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1496Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengangkat masalah tentang rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 dan 3 kaliuntu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 2 dan 3 Kaliuntu. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain post-test only control group design,dan sampel sebanyak 48 orang yang diambil secara acak dengan teknik undian. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensialuji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional dengan mean (M) = 12,68 termasuk dalam kategori sedang, (2) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model cooperative berbantuan media Gambar dengan mean (M) = 19,35 termasuk dalam kategori tinggi, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative berbantuan media Gambar dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional ( = 19,35>= 12, 68). Rata-rata siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi dari model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk write berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kaliuntu kabupaten Buleleng.
Kata kunci: Think Talk Write, Media Gambar, Hasil Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)