PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK BERBANTUAN BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1497Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui metode kerja kelompok berbantuan benda-benda di lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD No. 1 Sari Mekar tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 35 orang. Tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri atas 3 pertemuan dan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Setiap pertemuannya secara berdaur mulai perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data keaktifan belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode pembelajaran kerja kelompok berbantuan benda-benda di lingkungan sekolah sebagai media dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di SD No. 1 Sari Mekar tahun pelajaran 2010/2011. Pada siklus 1, persentase tingkat hasil belajar siswa sebesar 63,29%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus 2 ternyata persentase tingkat hasil belajar siswa mampu mencapai 76,00%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Kerja kelompok berbantuan benda-benda di lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas IV SD No.1 Sari Mekar semester II tahun pelajaran 2010/2011.
Kata kunci : metode kerja kelompok , media, hasil belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)