PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • I Kdk. Ropi Darmana, Gd. Sedanayasa, Ni Ngh. Madri Antari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1535

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) deskripsi kemampuan pemecahan masalah pembelajaran Matematika siswa dibelajarkan dengan  pembelajaran konvensional, 2) deskripsi kemampuan pemecahan masalah pembelajaran Matematika siswa dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem-Based Instruction, 3) perbedaan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem-Based Instruction dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Tahun Pelajaran 2012/2013 di SD di gugus IV Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen menggunakan desain non-equivalent post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2012/203 yang berjumlah 105 orang. Tehnik pengambilan sampel adalah tehnik random sampling, tetapi yang dirandom adalah kelas. Data dikumpulkan dengan instrumen tes pemecahan masalah berbentuk uraian. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) skor kemampuan pemecahan masalah pembelajaran Matematika pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional cenderung rendah, dengan mean 15,92, 2) sedangkan skor kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran Matematika pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Problem-Based Instruction lebih tinggi, dengan mean 24,35, 3). Jadi perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem-Based Instruction dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional, dengan thitung > ttabel (thitung = 3,35 > ttabel = 1,671).

 

Kata kunci: Problem-Based Instruction, pemecahan masalah

 

Abstract

This study aims to determine: 1) description of the problem solving ability of students learning mathematics learned with conventional learning, 2) a description of the problem solving ability of students learning mathematics learning model learned with Problem-Based Instruction, 3) differences in problem solving ability in mathematics learning among groups of students models are learned with Problem-Based learning Instruction and students who learned with conventional learning in class V students in academic year 2012/2013 in primary schools in the cluster IV Buleleng. This research is a quasi-experimental research design using non-equivalent post-test only control group design. The subjects were all fifth grade students in elementary group Buleleng District IV Academic Year 2012/203, amounting to 105 people. Sampling technique is random sampling technique, but is randomized class. Data were collected with instrument-shaped description of the problem-solving test. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics (t-test). Results of this study found that: 1) score learning mathematics problem-solving abilities in students who take conventional learning tend to be low, with a mean of 15.92, 2) while scoring ability in learning mathematics problem solving in students who learned with the cooperative learning Problem-Based Instruction is higher, with a mean of 24.35, 3). So significant differences in problem solving ability among the group of students who learned with the learning model of Problem-Based Instruction with conventional learning, with tarithematic > ttable (tarithematict = 3,35> ttable = 1,671).

Key words: Problem-Based Instruction, solving skills

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Ngh. Madri Antari, I. K. R. D. G. S. (2013). PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1535

Issue

Section

Articles