PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL AND INTELLECTUAL (SAVI) BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO.1 KUTA

Authors

  • Ni Pt. Natih Nena L., I Km. Ngr. Wiyasa, Ni Nym. Ganing

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1553

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual and Intellectual (SAVI) dan siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Nomor 1 Kuta, Kabupaten Badung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di SD Nomor 1 Kuta. Untuk pemilihan sampel dalam penelitian ini digunakan Teknik pengambilan sampel Cluster Sampling. Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar IPA di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan taraf signifikansi 5 %. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual and Intellectual (SAVI) dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional (thitung 7,197 > ttabel = 2,000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual and Intellectual (SAVI) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Nomor 1 Kuta, Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: Pendekatan SAVI, IPA SD, Hasil Belajar

 

Abstract

This research aims to know the difference between science learning outcomes of students who are taught with learning approach of Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) and students who are taught with conventional learning approaches on a grade IV of elementary school No. 1 Kuta, Badung Regency. This research is experimental research programmed (Quasy Experiment), research design used was a non equivalent control group design. The population of this research are all grade 4  student in the elementary school No. 1 Kuta. For the selection of the sample in this study used techniques of sampling cluster sampling. The collected document is the value of a science learning outcomes in the classroom experiments as well as in the control class was collected with the use of multiple choice  with 5% taraf signifikasi. The data were analyzed by t-test. The results showed that there were significant differences of learning outcomes for science students who are taught by using the conventional approach to learning (thitung 7,197 > ttabel = 2,000). Thus, it can be concluded that the approach of learning Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) effect significantly to science learning students in the elementary school No. 1 Kuta, Badung Regency academic year 2013/2014.

 

Key words: SAVI Approach, the elementary school science learning, the results of learning

Downloads

Published

2013-01-08

How to Cite

Ni Nym. Ganing, N. P. N. N. L. I. K. N. W. (2013). PENDEKATAN PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL AND INTELLECTUAL (SAVI) BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NO.1 KUTA. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1553

Issue

Section

Articles