Analisis Kemampuan Siswa Kelas IV Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat

Nyoman Suprabawa, I Made Suarjana, I Made Citra Wibawa

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan siswa kelas iv menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat di sekolah dasar negeri 6 banjar kecamatan banjar kabupaten buleleng, (2) mendeskripsikan pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat untuk meningktkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika khususnya pada materi menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat kelas iv di sekolah dasar negeri 6 banjar kecamatan banjar kabupaten buleleng, (3) untuk mengetahui kendala-kendala dan solusi yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat di sekolah dasar negeri 6 banjar kecamatan banjar kabupaten buleleng. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Banjar yang berjumlah 20 orang dan guru kelas IV. Objek penelitian ini adalah (1) Pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat kelas IV, (2) Kemampuan siswa menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat, (3) Kendala yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan bulat dan solusi mengatasi kendala tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat termasuk dalam kategori baik dengan nilai 80, (2) Rata-rata hasil tes secara klasikal 62,75 dengan kategori rendah dengan indikator tertinggi adalah memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan operasi hitung campuran bilangan bulat 55,25% dan indikator terendah adalah menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat 88,5%, (3) Kendala yang dihadapi siswa yaitu lupa dengan konsep perkalian hitung campuran bilangan bulatl, masih belum memahami tingkat pengerjaan operasi hitung campuran dan masih bingung dalam mengerjakan soal dalam bentuk soal cerita. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah memperbanyak latihan soal-soal mengenai materi operasi hitung campuran sehingga siswa lebih terlatih dan hafal
Kata Kunci : Kata kunci : matematika, kemampuan,operasi hitung campuran bilangan bulat.

Abstract This study aimed to (1) describing Learning of the mixed integer operation in IV grade,(2) The students' ability in completing the mixed integer operation, (3) The constraints which were faced by students in completing the mixed integer operation and the solutions to overcome those obstacles. The type of this study was descriptive quantitative and qualitative research. The subjects of this study were the fifth grade students of SD Negeri 6 Banjar, consisted of 20 students and teachers in IV class. The object of this study were (1) Learning the mixed integer operation in IV grade, (2) The students' ability in completing the mixed integer operation, (3) The constraints which were faced by students in completing the mixed integer operation and the solutions to overcome those obstacles. The observation, test, interview, and documentation were used to collect the data. The data were analyzed using descriptive quantitative and qualitative approach. The results showed (1) Learning the mixed integer operation was categorized good with a value of 80 , (2) the average test results in classical 62.7 with low category with the highest indicators is to solve everyday problems which involves multiplication of various fractions 55.25% and the lowest indicator is determining the results of the mixed integer operation of various fractional 88.5 %, (3) The constraints faced by students are: forget the concept of the mixed integer operation operations, forget to put coma at the end of the answer and students are still confusein completing the essay task. The solution to overcome those constraints aregiving students a lot of exercises regarding the mixed integer operation fractions. So that students are better trained and familiar with the particular multiplication exercises.
keyword : Keywords : math, ability, the mixed integer operation

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17024

Article Metrics

Abstract view : 183 times
PDF file view : 1660 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.