Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Ni Made Canessia Dwika Putri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Ketut Ardana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan quasi-experiment dengan desain non-equivalen. Populasi pada penelitian ini adalah 10 kelas V dengan jumlah 334 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik simple random sampling, diperoleh kelas V SD No. 3 Tibubeneng sebagai kelompok eksperimen  dan kelas VC SD No. 2 Tibubeneng sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dengan tes pilihan ganda biasa. Data yang dikumpulkan adalah data kompetensi pengetahuan IPA dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu 84,63 dan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok kontrol yaitu 74,03. Analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah uji-t, diperoleh t hitung yaitu 3,926. t hitung tersebut dibandingkan dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% dan dk = 63 diperoleh t tabel = 1,998. Berdasarkan kriteria pengujian, diperoleh t hitung > t tabel  yaitu 3,926 > 1,998, maka Ho ditolak, berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model discovery learning berbantuan lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning berbantuan lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Untuk penelitian yang memiliki kesamaan variabel, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai kajian penelitian relevan.

 

Kata kunci: model discovery learning, lingkungan, kompetensi pengetahuan IPA

Downloads

Published

2019-05-03

How to Cite

Dwika Putri, N. M. C., Ardana, I. K., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17471

Issue

Section

Articles