Efektivitas Media Board Game Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Tematik Di SD

Authors

  • W. Candra Dwi Safitri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17477

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media board game terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik di SD. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan pola one group pretest dan posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan wawancara. Efektivitas media board game dilihat dari hasil pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah dengan cara uji Paired Samples T-Test dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Hasil uji diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sama dengan 0,000 atau kurang dari 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil uji Paired Samples T-Test media board game efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal ini karena dalam pembelajaran siswa memperoleh fasilitas untuk mengerjakan soal-soal yang menuntut siswa memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-sehari.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, Board Game, Kemampuan Pemecahan Masalah

Downloads

Published

2019-05-03

How to Cite

Dwi Safitri, W. C. (2019). Efektivitas Media Board Game Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Tematik Di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17477

Issue

Section

Articles