Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17501Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersedianya media yang digunakan dalam pembelajaran dan belum adanya media tematik yang berbasis permainan sebagai media pendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan media Ludo Raksasa pada tema selalu berhemat energi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan atau Research and Development (R&D) berdasarkan prosedur penelitian menurut Sugiyono (Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain produk, Validasi dan revisi produk, Ujicoba produk). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Tlogosari Kulon 01, SD Negeri Tlogosari Kulon 03 dan SD Negeri Tlogosari Wetan 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket validasi media sebesar 95,13%, angket validasi materi sebesar 95,23%, angket tanggapan siswa sebesar 99,07% dan angket tanggapan guru sebesar 96,52% yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. Hal ini menunjukkan bahwa media Ludo Raksasa valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: Ludo Raksasa, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)