Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Aprilia Nur Fajar Jihan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Fine Reffiane Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Prasena Arisyanto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17501

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang tersedianya media yang digunakan dalam pembelajaran dan belum adanya media tematik yang berbasis permainan sebagai media pendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan media Ludo Raksasa pada tema selalu berhemat energi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan atau Research and Development (R&D) berdasarkan prosedur penelitian menurut Sugiyono (Potensi dan Masalah, Pengumpulan Informasi, Desain produk, Validasi dan revisi produk, Ujicoba produk). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Tlogosari Kulon 01, SD Negeri Tlogosari Kulon 03 dan SD Negeri Tlogosari Wetan 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil angket validasi media sebesar 95,13%, angket validasi materi sebesar 95,23%, angket tanggapan siswa sebesar 99,07% dan angket tanggapan guru sebesar 96,52% yang berarti dapat digunakan tanpa revisi. Hal ini menunjukkan bahwa media Ludo Raksasa valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Ludo Raksasa, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2019-05-03

How to Cite

Nur Fajar Jihan, A., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17501

Issue

Section

Articles