Pengaruh Model Integrated Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Dewi Krisdiyanti PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Harto Nuroso PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Fine Reffiane

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17559

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran integrated berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Tlogosari Wetan 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis kuantitatif dengan desain penelitian adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Pada penelitian ini diperoleh rata-rata nilai pretest 67,89 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 81,26. Berdasarkan analisis data pada perhitungan uji regresi linier sederhana hasil penelitian menunjukkan model integrated berbantu mind map memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Tlogosari Wetan 01 Semarang sebesar 0,035%.

 

Kata kunci: hasil belajar, integrated, mind mapping

Downloads

Published

2019-05-03

How to Cite

Krisdiyanti, D., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Integrated Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17559

Issue

Section

Articles