PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN ALAT PERAGA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI DENPASAR TIMUR

Authors

  • Ni Komang Tri Murni .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .
  • Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1875

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konstruktivistik berbantuan alat peraga konkret dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Srikandi yang terdiri dari 20 kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas Va SD Negeri 1 Sumerta sebagai kelas kontrol dan kelas Va SD Negeri 5 Sumerta sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yang kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konstruktivistik berbantuan alat peraga konkret dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014. (thitung = 9,274 > ttabel (α = 0,05, dk = 90) = 2,000) dengan perolehan nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar (79,26 > 69,10). Dengan demikian pendekatan konstruktivistik berbantuan alat peraga konkret memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Srikandi Kecamatan Denpasar Timur Tahun Ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : konstruktivistik , alat peraga konkret, hasil belajar matematika

This study aims to determine significant differences mathematics learning outcomes of students who take the constructivist learning concrete visual aided by students who take the conventional teaching at the fifth grade of elementary school students Gugus Srikandi East Denpasar District School Year 2013/2014. The study was Quasi Experiments using Nonequivalent Control Group Design research. The study population was all students in fifth grade elementary Gugus Srikandi consisting of 20 classes. By using random sampling techniques then there are 2 classes as the sample, they are class V SD Negeri 1 Sumerta as Control Class and SD Negeri 5 Sumerta as Experimental Class. The data was collected by using the test method. Then that data was analyzed using t-test. Based on the study data analysis concluded that there were significant differences in students' mathematics learning outcomes that follow the constructivist learning concrete visual aided by students who took the conventional teaching fifth grade elementary school Gugus Srikandi students East Denpasar District School Year 2013/2014. (thitung = 9,274 > ttabel (α = 0.05, dk = 90) = 2.000, the result was the acquisition of learning outcomes experimental class higher than the class of the control is equal to (79.26> 69.10). Thus constructivist approach aided learning tools concrete gave a positive impact on math learning outcomes for the fifth grade elementary school students Gugus Srikandi East Denpasar District year 2013/2014.
keyword : constructivist, concrete visual aids, mathematic result study

Published

2013-12-30

How to Cite

., N. K. T. M., ., D. I. N. S., & ., D. I. K. A. P. (2013). PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK BERBANTUAN ALAT PERAGA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS SRIKANDI DENPASAR TIMUR. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1875

Issue

Section

Articles