PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MENGGUNAKAN MEDIA KONGKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS 3 KECAMATAN TAMPAKSIRING

Authors

  • Desak Ketut Purnamawati .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1877

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan secara pendekatan keterampilan proses menggunakan media kongkret dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Tampaksiring. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Tampaksiring dengan jumlah populasi 135 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 1 Sanding yang menjadi kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N 2 Pejeng Kaja yang menjadi kelas kontrol. Sampel diambil dengan cara random sampling yang berjumlah 66 siswa. Data hasil belajar IPA yang dikumpulkan menggunakan tes. Bentuk tes hasil belajar IPA adalah pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebagai tindak lanjut dari statistik inferensial digunakan uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar IPA siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan secara pendekatan keterampilan proses menggunakan media kongkret dengan siswa yang dibelajarkan secara konvensional pada siswa kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Tampaksiring (thitung = 4,000 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut dapat dilihat dari tingginya perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada hasil tes di akhir kegiatan pembelajaran, dari nilai rata-rata pada kedua kelompok, diketahui nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol ( 1 = 77,71 > 2 = 73,23). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses menggunakan media kongkret berpengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Tampaksiring.
Kata Kunci : pendekatan keterampilan proses, media kongkret, hasil belajar IPA.

This study aims to determine significant differences between students science learning outcomes that learned in approach the process of using the media skills of concrete with conventional students that learned in class V Force SD 3 Tampaksiring District. This research is a quasi experimental design with Nonequivalent Control Group Design. The entire population of this study fifth grade elementary school students Force SD 3 Tampaksiring District with a population of 135 students. This sample is class V SD N 1 Sanding into the experimental class and the students class V SD N 2 Pejeng Kaja being control class. Samples collected by random sampling, amounting to 66 students. Science learning outcomes data were collected using the test. Forms of science learning outcomes tests are multiple choice. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. As a follow-up of inferential statistical t- test was used to test for differences in science student learning outcomes. The results showed that H0 is rejected and H1 is accepted it means there is a significant difference in science learning outcomes of students who learned with the skills approach using concrete media with students that learned conventionally in class V Force SD 3 Tampaksiring District ( thitung = 4,000 > ttabel = 2,000 ) at the 5 % significance level. This can be seen from the high difference in learning outcomes between the experimental group with the control group on the test results at the end of the learning activity, from the average value in both groups, known to the average experimental group was bigger than the control group ( 1 = 77,71 > 2 = 73,23). It can be concluded that the approach of process skills using concrete media influence on science learning outcomes in primary grade V Force SD 3 Tampaksiring District.
keyword : process skills approach, concrete media, science learning outcomes.

Published

2013-12-30

How to Cite

., D. K. P., ., D. I. K. A., & ., D. I. B. S. M. M. (2013). PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MENGGUNAKAN MEDIA KONGKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS 3 KECAMATAN TAMPAKSIRING . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1877

Issue

Section

Articles