STRATEGI BELAJAR BERBASIS MASALAH BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUGUS I SUKAWATI

Ni Kadek Anggarayani ., Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M.For. ., Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada konsep bilangan bulat antara siswa yang belajar menggunakan strategi belajar berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus I Sukawati Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Sukawati tahun pelajaran 2013/2014, yang banyaknya 194 orang siswa, kemudian sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan mengacak kelas. Sampel dalam penelitian ini kelas V SD Negeri 5 Sukawati sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 1 Sukawati sebagai kelompok kontrol. Jumlah masing-masing kelompok pada kelas eksperimen 31 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Data tentang hasil belajar Matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes pilihan ganda biasa berjumlah 30 butir tes yang telah divalidasi. Data hasil belajar matematika dianalisis dengan t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika pada konsep bilangan bulat antara siswa yang belajar menggunakan strategi belajar berbasis masalah dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus I Sukawati tahun Pelajaran 2013/2014. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung = 5,433 > ttabel = 2,000 dengan db = 59 taraf signifikansi 5%. Demikian pula diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih dari pada kelas kontrol yaitu = 83,68 > =76,46. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada konsep bilangan bulat siswa kelas V SD Negeri Gugus I Sukawati tahun Pelajaran 2013/2014.


Kata Kunci : strategi belajar berbasis masalah, hasil belajar

The aim of this study for knowing of significant different on the result of mathematics learning to integer concept among students studied to use question based strategy with students studied to use conventional learning to the fifth grade students in Gugus 1 Sukawati in academic year 2013/2014. The kind of this research was pseudo experiment research with using non equivalent control group design research. This population research was all of the fifth students in Gugus 1 Sukawati in academic year 2013/2014. The number of students are 194 students than the sample was determined by random sampling technique with random class. The sample in this research was the fifth grade students of SD Negeri 5 Sukawati as the experiment group and the fifth grade students of SD Negeri 1 Sukawati as the controlling group. The number of each in experiment class is 31 students and 30 students for controlling class. The result data for mathematics learning was collected with multiple choice tests. The numbers of these tests were 30 valid and reliable items. The result of mathematics learning was analyzed by t-test. The analysis result was showed that there was significant different on the result of mathematics learning to integer concept among students studied to use question based strategy with students studied to use conventional learning to the fifth grade students in Gugus 1 Sukawati in academic year 2013/2014. That can be proved by the result of t-counting=5,433> t-table=2,000 with db=59 significant level 5%.So that was gotten the average of study result in experiment class more than controlling class was X= 83,68 > X = 76,46.that way can be concluded so learning strategy uses question based to be influential to the result of mathematics learning of integer concept to the fifth grade students in Gugus 1 Sukawati in academic year 2013/2014.
keyword : learning strategy uses question based, the result of study

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.