PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS REACT BERBANTUAN BAHAN AJAR BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Gusti Ngurah Bagus Tirtayadnya .
  • Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1886

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis REACT berbantuan bahan ajar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SD Gugus III Abiansemal tahun 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar gugus III Abiansemal. Penentuan Sampel ditentukan dengan teknik random sampling dan diperoleh siswa kelas V SD No 1 Bongkasa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD No 2 Bongkasa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis REACT berbantuan bahan ajar dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Ini dapat dilihat dari hasil analisis data yakni thit > ttab yaitu 4,103 > 2,00. Rata-rata hasil belajar IPS kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol yaitu 67,81 > 58,13. Hal ini berarti penerapan pendekatan kontekstual berbasis REACT berbantuan bahan ajar berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD gugus III Abiansemal tahun 2013/2014.
Kata Kunci : Pendekatan kontekstual berbasis REACT , bahan ajar, hasil belajar IPS

This study aimed to determine significant differences of social studies learning outcomes between students who learned by contextual approach based REACT assisted teaching materials and the students who learned by conventional learning in the fifth grade elementary Cluster III Abiansemal 2013/2014. The research used a quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The population used throughout Elementary School fifth grade students in Cluster III Abiansemal. Determination of the sample was determined by random sampling technique and fifth grade elementary school students number 1 Bongkasa as the experimental group and fifth grade elementary school students number 2 Bongkasa as a control group. The data collection technique used is multiple choice objective tests and observation. The data were analyzed using t-test. These results indicate there are significant differences of social studies learning outcomes between students who learned by contextual approach based REACT assisted teaching materials and the students who learned by conventional learning. It can be seen from the results of the data analysis is tvelue > tcv ie 4.103 > 2.00. The average of learning outcomes social studies experimental group is higher than control group ie 67.81 > 58.13. This means the application of a contextual approach based REACT assisted by teaching materials affect the learning outcome of social studies fifth grade elementary school students in Cluster III Abiansemal 2013/2014
keyword : contextual approach based REACT, teaching materials, social studies learning outcomes

Published

2013-12-31

How to Cite

., G. N. B. T., ., D. I. W. S. M., & ., D. M. R. K. (2013). PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS REACT BERBANTUAN BAHAN AJAR BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1886

Issue

Section

Articles