Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarifiacation Technique pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap karakter siswa kelas V di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian non equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng yang berjumlah 133 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V di SDN 2 Pemaron sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas V di SDN 1 Tukadmungga sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 31 orang. Data karakter siswa dikumpulkan menggunakan instrumen karakter berupa kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 30 butir pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial uji-t sampel independent. Berdasarkan perhitungan analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 13,376 lebih besar dari ttabel sebesar 2,002. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh karakter siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Value Clarification Technique dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Value Clarification Technique berpengaruh positif terhadap karakter siswa.
Kata kunci: VCT, Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)