Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter

Authors

  • Ni Wyn Ekayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Pt. Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kd. Suranata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarifiacation Technique pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap karakter siswa kelas V di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian non equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng yang berjumlah 133 orang. Sampel penelitian ini yaitu kelas V di SDN 2 Pemaron sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 28 orang dan siswa kelas V di SDN 1 Tukadmungga sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 31 orang. Data karakter siswa dikumpulkan menggunakan instrumen karakter berupa kuesioner dengan jumlah pernyataan sebanyak 30 butir pernyataan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial uji-t sampel independent. Berdasarkan perhitungan analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 13,376 lebih besar dari ttabel sebesar 2,002. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh karakter siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Value Clarification Technique dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran Value Clarification Technique berpengaruh positif terhadap karakter siswa.

 

Kata kunci: VCT, Karakter, Pendidikan Kewarganegaraan

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Ekayani, N. W., Antara, P. A., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386

Issue

Section

Articles