Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik

Authors

  • Ahmad Kharis Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19387

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di SD Negeri Bener 01. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran siswa pada kelas 4 SD Negeri Bener 01 melalui penerapan model pembelajaran Picture And Picture berbasis IT.  Teknik pengumpulan data penelitian ini mengggunakan observasi yang dilakasanakan didalam kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 4 SD Negeri Bener 01 yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan pada proses pembelajaran dengan perolehan data keaktifan pada saat pra siklus yaitu dari 33 siswa terdapat 17 siswa dengan persentase 51.51%, meningkat menjadi 81.82% dengan jumlah 27 siswa pada siklus I. Dan meningkat lagi menjadi 93.94% dengan jumlah 31 siswa pada siklus II. Peningkatan keaktifan siswa terjadi dikarenakan siswa telah memahami konsep pembelajaran Tematik melalui langkah-langkah yang terdapat dalam pembelajaran Picture And Picture, dan siswa lebih berantusias dalam mengikuti proses pembelajaran.

                                                                                                                               

Kata kunci: Keaktifan, Tematik, Picture and Picture berbasis IT

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Kharis, A. (2019). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19387

Issue

Section

Articles