Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Berbasis IT pada Tematik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19387Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di SD Negeri Bener 01. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran siswa pada kelas 4 SD Negeri Bener 01 melalui penerapan model pembelajaran Picture And Picture berbasis IT. Teknik pengumpulan data penelitian ini mengggunakan observasi yang dilakasanakan didalam kelas. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 4 SD Negeri Bener 01 yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan pada proses pembelajaran dengan perolehan data keaktifan pada saat pra siklus yaitu dari 33 siswa terdapat 17 siswa dengan persentase 51.51%, meningkat menjadi 81.82% dengan jumlah 27 siswa pada siklus I. Dan meningkat lagi menjadi 93.94% dengan jumlah 31 siswa pada siklus II. Peningkatan keaktifan siswa terjadi dikarenakan siswa telah memahami konsep pembelajaran Tematik melalui langkah-langkah yang terdapat dalam pembelajaran Picture And Picture, dan siswa lebih berantusias dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata kunci: Keaktifan, Tematik, Picture and Picture berbasis IT
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)