Keefektifan Budaya Literasi terhadap Motivasi Belajar

Authors

  • Aulia Rahmanul Arby Program Studi PGSD, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Husnul Hadi Program Studi PGSD, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Ferina Agustini Program Studi PGSD, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19388

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan budaya literasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV B SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket/kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis perhitungan diperoleh bahwa efektifitas budaya literasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak terbukti ada. Hal ini berdasarkan hasil penelitian diperoleh sejumlah 80% siswa termasuk dalam kriteria sangat baik, 18% siswa termasuk dalam kriteria baik, 2% siswa termasuk dalam kriteria cukup baik dan 0% siswa termasuk dalam kriteria tidak baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas IVB di SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak tahun ajaran 2018/2019 tergolong baik. Dengan demikian, budaya literasi efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak.

 

Kata kunci: Budaya Literasi, Motivasi Belajar

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Arby, A. R., Hadi, H., & Agustini, F. (2019). Keefektifan Budaya Literasi terhadap Motivasi Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19388

Issue

Section

Articles