Keefektifan Budaya Literasi terhadap Motivasi Belajar
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan budaya literasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV B SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket/kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis perhitungan diperoleh bahwa efektifitas budaya literasi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak terbukti ada. Hal ini berdasarkan hasil penelitian diperoleh sejumlah 80% siswa termasuk dalam kriteria sangat baik, 18% siswa termasuk dalam kriteria baik, 2% siswa termasuk dalam kriteria cukup baik dan 0% siswa termasuk dalam kriteria tidak baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas IVB di SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak tahun ajaran 2018/2019 tergolong baik. Dengan demikian, budaya literasi efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Gajah 2 Kabupaten Demak.
Kata kunci: Budaya Literasi, Motivasi Belajar
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19388
Article Metrics
Abstract view : 567 timesPDF file view : 2995 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.