Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19390Abstract
Rendahnya keterampilan menulis narasi menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh secara efektif implementasi model pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD, (2)perbedaan antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Picture and Picture dan siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VI Yudistira Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 219 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh siswa kelas V SD N 1 Kaliakah dengan jumlah 30 siswa dan SD N 2 Berangbang dengan 29 siswa. Data yang dikumpulkan adalah keterampilan menulis narasi. Data keterampilan menulis narasi siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes, yaitu tes uraian. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan Uji-t dan ANAVA-A. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picture dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dengan nilai thitung sebesar 13,17 dan ttabel =2,045. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Picture and Picrure lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Artinya penggunaan model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh terhadap peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SD di Gugus VI Yudistira Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Model pembelajaran picture and picture, keterampilan menulis narasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)