Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Decyta Khasuma Wardani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Suyitno Suyitno Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Arfilia Wijayanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19391

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Banyubiru 05 Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri Banyubiru 05 Kabupaten Semarang berjumlah  26 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah (1) wawancara untuk mendapatkan informasi tentang kondisi awal siswa serta materi yang akan diajarkan. (2) Dokumentasi  mendapatkan dokumen sekolah mengenai nama siswa, jumlah siswa, dan data-data yang diperlukan dalam penelitian daftar nilai, daftar nama siswa dan dokumen pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama penelitian. (3) tes untuk mengukur ini untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif dan psikomotor. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis  menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap hasil belajar matematika  kelas V SDN Banyubiru 05 Kabupaten Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest lebih tinggi dari pada pretest selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 10.545 dan dan ttabel sebesar 1.706 karena thitung (10.545) > ttabel (1.706) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan.

 

Kata kunci: Project  Based Learning, Hasil Belajar, Matematika.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Wardani, D. K., Suyitno, S., & Wijayanti, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19391

Issue

Section

Articles