Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19391Abstract
Peneliti ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektif atau tidaknya model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Banyubiru 05 Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen jenis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas V SD Negeri Banyubiru 05 Kabupaten Semarang berjumlah 26 siswa tahun ajaran 2018/2019. Intrumen yang digunakan adalah (1) wawancara untuk mendapatkan informasi tentang kondisi awal siswa serta materi yang akan diajarkan. (2) Dokumentasi mendapatkan dokumen sekolah mengenai nama siswa, jumlah siswa, dan data-data yang diperlukan dalam penelitian daftar nilai, daftar nama siswa dan dokumen pelaksanaan kegiatan pembelajaran selama penelitian. (3) tes untuk mengukur ini untuk mengukur hasil belajar siswa aspek kognitif dan psikomotor. Analisis Data menggunakan Teknis analisis data peneliti menggunakan uji normalitas awal, uji normalitas akhir dan uji hipotesis (uji-t). Uji normalitas digunakan untuk mengetahui kelas tersebut berdistribusi normal atau tidak. Uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning efektif terhadap hasil belajar matematika kelas V SDN Banyubiru 05 Kabupaten Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil postest lebih tinggi dari pada pretest selain itu diperkuat dengan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung untuk hasil belajar sebesar 10.545 dan dan ttabel sebesar 1.706 karena thitung (10.545) > ttabel (1.706) maka hal ini menunjukkan bahwa uji t hasil belajar signifikan.
Kata kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)