Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika

Authors

  • Seftiana Arnista Universitas PGRI Semarang Indonesia, Semarang, Indonesia
  • Henry Januar Saputra Universitas PGRI Semarang Indonesia, Semarang, Indonesia
  • Mira Azizah Universitas PGRI Semarang Indonesia, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19392

Abstract

Latar belakang yang mendororng penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika dan kurangnya motivasi belajar siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan pemahaman materi matematika siswa dan pembelajaran membosankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data yaitu dengan analisis data awal (pretest) dan data akhir (posttest) yang menggunakan uji normalitas dan uji beda t-test. Untuk analisis motivasi belajar siswa menggunakan uji analisis data observasi motivasi belajar. Untuk rata-rata nilai test sebelum diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Make a match adalah 59,1 dengan 15 siswa yang dinyatakan tidak tuntas dan 7 siswa dinyatakan tuntas. Setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran Make a Match nilai rata-rata posttest adalah 78,6 dengan 3 siswa dinyatakan tidak tuntas dan 19 siswa dinyatakan tuntas. Presentase kenaikan hasil belajar adalah 19,5%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan uji t hasil belajar diperoleh thitung = 13,663db N-1 = 22-1=29 dengan taraf signifikan 5% sebesar 2,074 karena thitung > ttabel (13,663 > 2,074) dan hasil nilai rata-rata angket motivasi sebelum diberi perlakuan adalah 66 dan setelah diberi model pembelajaran make a match nilai rata-rata 80,6. Data tersebut didukung oleh analisis menggunakan uji-t dimana thitung > ttabel yaitu 20,167 > 2,074.

 

Kata kunci: Model pembelajaran make a match, hasil belajar, motivasi belajar.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Arnista, S., Saputra, H. J., & Azizah, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19392

Issue

Section

Articles