Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang

Authors

  • Silvia Anggraini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Joko Siswanto Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Sukamto Sukamto Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak pemberian reward and punishment bagi siswa SD Negeri Kaliwiru. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode observasi, wawancara, angket. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kaliwiru Kecamatan Candisari Kota Seamarang. Hasil penelitian menunjukkan Pemberian reward and punishment berdampak pada tingkat kedisiplinan dan motivasi belajar siswa jika dilakukan dengan baik dan sesuai. Dalam kaitannya dengan pembelajaran dan kedisiplinan guru menerapkan metode reward and punishment untuk memberikan motivasi kepada siswa agar lebih patuh dan tertib segala peraturan yang diterapkan sekolah. Guru harus sesuai dalam menjalankan pemberian reward and punishment, peran guru sangat berpengaruh pada dampak yang akan diterima oleh siswa. Pemberian reward ini dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai baik yang dilakukan dengan pembiasaan serta penghargaan ketika melakukan hal yang bersifat positif namun ketika anak melakukan hal negatif guru akan memberikan punishment yang sesuai bagi siswa. Punishment ini bertujuan agar anak tidak mengulangi perbuatan yang tidak diperbolehkan. Guru memperingatkan agar siswa tidak mengulangi serta menjelaskan alasan sebab akibat mengapa hal tersebut tidak diperbolehkan. Dalam prakteknya pemberian reward and punishment digunakan oleh guru sebagai bentuk penguatan, stimulus dalam mendidik siswa. Reward diberikan oleh guru kepada siswa dengan memberikan hadiah atas hal positif yang dilakukan oleh siswa. Pemberian reward dimaksudkan untuk membentuk anak lebih giat lagi usahanya untuk bekerja dan berbuat lebih baik lagi. Punishment diberikan oleh guru kepada siswa karena siswa melakukan pelanggaran atau kesalahan. Punishment akan membuat siswa menyesali perbuatannya yang salah itu. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru guru diharapkan lebih kreatif dan inovatif dengan menciptakan bentuk reward and punishment  yang baru serta dapat dikembangkan lebih lanjut. Bagi siswa diharapkan tetap disiplin, giat belajar dengan baik dengan adanya reward and punishment maupun tidak.

 

Kata kunci: Reward, Punishment, Motivasi, Kedisiplinan

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393

Issue

Section

Articles