Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif

Authors

  • Faizah Dwi Afiyahni Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Ikha Listyarini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19394

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ThinkPair and Share terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Mulyoharjo Pemalang. Jenis penelitian ini merupakan  penelitian kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data dalam penelitian diperoleh melalui (1) tes (2) observasi dan (3) lembar angket.  Untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji t (uji hipotesis). Hasil analisis lembar angket minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament mengalami peningkatan, terlihat dari hasil uji t bahwa thitung> ttabel yaitu 5,445 > 2,086. Maka kesimpulannya adalah model Think Pair and Share efektif terhadap hasil belajar siswa

 

Kata kunci: Hasil Belajar siswa, Model Think Pair and share

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Afiyahni, F. D., Huda, C., & Listyarini, I. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share Berbantu Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Tematik Integratif. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19394

Issue

Section

Articles