Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi

Authors

  • Dea Ayu Aprelia Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Sunan Baedowi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Mudzantun Mudzantun Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Lamper Kidul 01 Semarang semester II tahun pelajaran 2018/2019. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tingkat keberhasilan menulis narasi pada siswa kelas V SD Negeri Lamper Kidul 01 Semarang masih rendah. Siswa pandai bercerita tetapi ketika mengerjakan tugas menulis, siswa tersebut belum dapat mengungkapkan cerita tersebut secara tertulis atau menuangkan dalam bahasa tulis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dalam bentuk one-group pretest-posttest design. teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t diketahui nilai thitung=11,94394 dan untuk α=5% diperoleh nilai ttabel=2,03693. Karena nilai thitung>ttabel yaitu thitung(11,94394) > ttabel (2,03693). Sehingga kesimpulannya pendekatan kontekstual berbantu media mind mapping sangat berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri Lamper Kidul 01 Semarang Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata kunci: kontekstual, mind mapping, menulis narasi

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400

Issue

Section

Articles