Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar

Authors

  • Edma Kumala Sari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • M. Yusuf Setia Wardana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Mei Fita Asri Untari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19401

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika terdapat 50% masih di bawah KKM. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran terfokus dengan buku siswa sehingga siswa bosan, tidak memperhatikan guru dalam proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran Card Sort terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas II SDN Ngesrep 01 Semarang pada materi bangun datar. Metode penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Hasil belajar nilai rata-rata siswa sebelum diberikan perlakuan pretest sebesar 62,5 dan nilai rata-rata siswa sesudah diberikan perlakuan posttest sebesar 75,54. Setelah diberi perlakuan dengan menggunakan strategi card sort nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,04. Rata-rata minat belajar siswa yaitu 73 % dan dapat dikategorikan dalam tingkat minat belajar yang baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran card sort efektif terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa kelas II SDN Ngesrep 01 Semarang.

 

Kata kunci: Strategi Card Sort, Hasil Belajar, Minat Belajar

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Sari, E. K., Wardana, M. Y. S., & Untari, M. F. A. (2019). Strategi Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19401

Issue

Section

Articles