Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis

Authors

  • Intan Nurma Pertiwi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Sumarno Sumarno Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Anggun Dwi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model make a match berbantu media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca dan menulis pada peserta didik kelas I SD Se Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN Slerok 4 Tegal sebagai kelas eksperimen dan SDN Mintaragen 8 Tegal sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi Pengujian data pada penelitian ini menggunakan true experimental design jenis pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t pada kelompok kotrol dan kelompok eksperimen yakni hitung > ttabel yakni 2,415 > 2,005 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,019 < 0,05, sehingga dapat diambil keputusan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model make a match berbantu media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca dan menulis pada peserta didik kelas 1 SD Se Kecamatan Tegal Timur.

Kata kunci: Pengaruh, Make A Match, Membaca, Menulis, Kartu Bergambar

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Pertiwi, I. N., Sumarno, S., & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412

Issue

Section

Articles