Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis

Intan Nurma Pertiwi, Sumarno Sumarno, Anggun Dwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model make a match berbantu media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca dan menulis pada peserta didik kelas I SD Se Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas I SDN Slerok 4 Tegal sebagai kelas eksperimen dan SDN Mintaragen 8 Tegal sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi Pengujian data pada penelitian ini menggunakan true experimental design jenis pretest-posttest control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t pada kelompok kotrol dan kelompok eksperimen yakni hitung > ttabel yakni 2,415 > 2,005 dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,019 < 0,05, sehingga dapat diambil keputusan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model make a match berbantu media kartu bergambar terhadap kemampuan membaca dan menulis pada peserta didik kelas 1 SD Se Kecamatan Tegal Timur.

Kata kunci: Pengaruh, Make A Match, Membaca, Menulis, Kartu Bergambar


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.