Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA

Dewa Made Andika Sujana, I Ketut Dharsana, I Nyoman Laba Jayanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study pada siswa kelas III SDN Paket Agung pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Paket Agung tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 82 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas III SDN 1 Paket Agung yang berjumlah 41 siswa dan kelas III SDN 2 Paket Agung yang berjumlah 41 siswa. Data skor hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thit = 7,396 dan ttab (sig. 5%) = 1,9960. Sehingga didapatkan thit> ttab, yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SDN Paket Agung Kecamatan Buleleng

Kata kunci: Two Stay Two Stray, Lesson Study, Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19462

Article Metrics

Abstract view : 62 times
PDF file view : 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.