Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA

Gita Septinauli Sidabutar, I Kt. Dharsana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray melalui setting Lesson Study terhadap hasil belajar IPA pada kelas V SDN 2 Alasangker tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 2 Alasangker tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yaitu kelas Va kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan Vb sebagai kelas kontrol berjumlah 23 siswa. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan tes obyektif sebanyak 30 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelompok kontrol dan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 4,22 > ttabel = 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray melalui setting Lesson Study berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Alasangker.

Kata kunci: IPA, Lesson Study, TSTS


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19463

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF file view : 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.