Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Gita Septinauli Sidabutar Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Kt. Dharsana Jurusan BK, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19463

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray melalui setting Lesson Study terhadap hasil belajar IPA pada kelas V SDN 2 Alasangker tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 2 Alasangker tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 45 orang. Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi yaitu kelas Va kelas eksperimen berjumlah 22 siswa dan Vb sebagai kelas kontrol berjumlah 23 siswa. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan tes obyektif sebanyak 30 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelompok kontrol dan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 4,22 > ttabel = 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray melalui setting Lesson Study berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Alasangker.

Kata kunci: IPA, Lesson Study, TSTS

Downloads

Published

2018-10-18

How to Cite

Sidabutar, G. S., & Dharsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19463

Issue

Section

Articles