Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Kemampuan Membaca Intensif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19467Abstract
Permasalahan rendahnya kemampuan membaca intensif pada siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli menjadi masalah utama dilakukannya penelitian ini. Rendahnya kemampuan membaca intensif siswa terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu bacaan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated, Reading And Composition) terhadap kemampuan membaca intensif pada siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian semu (quasi eksperimental) dengan desain nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Abang Batudinding sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas V SDN Sekardadi sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 25 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode tes kemampuan membaca intensif yang diberikan kepada siswa dalam bentuk tes esai. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis uji-t sampel tak berkorelasi dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data, diperoleh thitung 6.982 > ttabel 2,000. Jadi nilai thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Itu berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated, Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca intensif pada siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Membaca Intensif, Model Pembelajaran CIRC.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)