Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi

Authors

  • Tsausand Banafsas Taqiya Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Harto Nuroso Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia
  • Fine Reffiane Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif IPA siswa, sekitar 52,3%  siswa masih memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terpadu tipe connected berbantu media video animasi terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar dilihat pada ketuntasan dan peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain Quasi Experimental Design yang digunakan adalah bentuk Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil adalah 20 siswa kelas VA dan 20 siswa kelas VB dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (pretestposttest), observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 62. Setelah diberi perlakuan, nilai rata-rata posttest mengalami peningkatan menjadi 80. Data tersebut didukung oleh analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana, variabel x (model connected) mempengaruhi variabel y (hasil belajar IPA siswa) sebesar 57,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran terpadu tipe connected berbantu media video animasi terhadap hasil belajar kognitif IPA siswa kelas V Sekolah Dasar.

 

Kata kunci: Model Connected, Video, Hasil Belajar

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Taqiya, T. B., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492

Issue

Section

Articles