Keefektifan Model Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20985Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran bermain peran (Role Playing) terhadap kemampuan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri Kaligawe Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas III SDN Negeri Kaligawe Semarang melalui model pembelajaran Role Playing. Sebelumnya siswa masih pasif dalam mengikuti proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dikarenakan dalam kegiatan belajar guru belum menggunakan model pembelajaran. Guru sering menggunakan metode ceramah dilanjut dengan mengerjakan soal yang ada pada buku tema sehingga siswa cepat bosan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III-A SD Negeri Kaligawe Semarang sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 37 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Pre Experimental Design bentuk one pretest-posttest design. Design ini terdapat pretest, sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah adanya perlakuan.
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Model Role Playing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)