Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick Berbantu Media Coper Terhadap Hasil Belajar Siswa I Materi Penjumlahan

Authors

  • Wahyu Wulandari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Kiswoyo Kiswoyo Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Aries Tika D Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Talking Stick berbantu media coper paada materi penjumlahan siswa kelas I. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental Design dan jenis yang diambil adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil adalah 19 orang siswa kelas I dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 48,947 sedangkan rata-rata nilai posttest sebesar 81,579. Berdasarkan analisis data pada perhitungan uji t diperoleh thitung= 10,397 dan ttabel=2,101. Karena thitung > ttabel yaitu 10.397 > 2,101 maka sesuai dengan rumus hipotesis yang diujikan, H0 ditolak dan Ha diterima. Bahwa model Talking Stick berbantu media coper berpengaruh terhadap hasil belajar matreri penjumlahan siswa kelas I SD N Tulis 02 Batang.

 

Kata kunci: Model Taking Stick, Hasil Belajar

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Wulandari, W., Kiswoyo, K., & Tika D, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Talking Stick Berbantu Media Coper Terhadap Hasil Belajar Siswa I Materi Penjumlahan. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.20987

Issue

Section

Articles