Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Ni Komang Urmila Dewi, Ketut Pudjawan, I Nyoman Laba Jayanta

Abstract


Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap KompetensiPengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus VII  Kecamatan Mengwi. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eskperiment) dengan pola dasar post test only design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 157 orang siswa kelas IV di SD Gugus VII Kecamatan Mengwi. Sampel pada penelitian ini diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan instrument seperangkat tes kompetensi pengetahuan berupa tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan mengunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 13,188. Dengan taraf signifikansi 5% dan db 37 menunjukkan ttabel  sebesar 2,024. Hasil ini berarti thitung> ttabel sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TAI berbantuan media peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensial.  Jadi model TAI berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.21051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.