Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.21051Abstract
Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran TAI Berbantuan Media Peta Konsep Terhadap KompetensiPengetahuan IPS Siswa Kelas IV SD Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eskperiment) dengan pola dasar post test only design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 157 orang siswa kelas IV di SD Gugus VII Kecamatan Mengwi. Sampel pada penelitian ini diperoleh menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan instrument seperangkat tes kompetensi pengetahuan berupa tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan mengunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 13,188. Dengan taraf signifikansi 5% dan db 37 menunjukkan ttabel sebesar 2,024. Hasil ini berarti thitung> ttabel sehingga dapat diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran TAI berbantuan media peta konsep dengan kelompok siswa yang dibelajarkan secara konvensial. Jadi model TAI berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)