Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • Fransiska Ristiana Dewi Susanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Sumantri Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Nyoman Sudana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square berbantuan cerita rakyat dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik group random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis data, dan uji hipotesis melalui uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung  =  3,185 dan ttabel  = 1,999 (thitung >ttabel). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Word Square berbantuan cerita rakyat dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan terhadap hasil belajar siswa, menandakan bahwa model pembelajaran Word Square berbantuan cerita rakyat berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa.

 

 

Kata kunci: Word Square, Cerita Rakyat, hasil belajar Bahasa Indonesia

Downloads

Published

2018-10-18

How to Cite

Dewi Susanti, F. R., Sumantri, M., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Cerita Rakyat Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 169–175. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21094

Issue

Section

Articles