Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ida Ayu Putri Tri Utami Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Made Citra Wibawa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan teka-teki silang terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan desain non-equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Gianyar Kabupaten Gianyar yang berjumlah tujuh kelas yang terdiri dari 175 orang. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih secara acak (random sampling) dari 7 kelas yaitu kelas V SD N 1 Bakbakan sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dan Kelas V SD N 3 Bitera sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Data hasil belajar IPA diperoleh dengan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model belajar kooperatif tipe talking stick berbantuan teka-teki silang terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2017/2018

Downloads

Published

2018-10-18

How to Cite

Tri Utami, I. A. P., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 185–193. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21096

Issue

Section

Articles