Korelasi Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21097Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus I Kecamatan Tabanan yang berjumlah 109 siswa. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik proporsional random sampling yakni sejumlah 84 siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan metode nontes yaitu data minat belajar dikumpulkan dengan angket minat belajar sedangkan data hasil belajar IPS diperoleh melalui dokumentasi nilai UTS IPS. Analisis statistik yang digunakan yaitu teknik korelasi product moment. Hasil analisis data mendapatkan rxy hitung = 0,385, pada taraf signifikansi 0,05 dengan n = 84 diperoleh rxy tabel sebesar 0,213. Berdasarkan hal tersebut terlihat bahwa rxy hitung > rxy tabel, yang berarti bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2017/2018, sehingga dari kriteria pengujian maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Tabanan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya teori dan sumber untuk penelitian yang sejenis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)