Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) Berbantuan LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21099Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) dan perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelejaran SRL dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian. eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Gugus III Tambora Kecamatan Melaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Nusasari dan siswa kelas IV SDN 1 Candikusuma. Data hasil prestasi belajar matematika dikumpulkan menggunakan tes berbentuk objektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analis statistik deskriptif dan statistik inferensial (t-bruning dan anava satu jalur). Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) berbantuan LKS berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika dan terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SRL berbantuan LKS dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran pada siswa kelas IV SD di Gugus III Tambora Kecamatan Melaya tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan Fhitung = 41,00 > Ftab = 4,08. Perbandingan hasil perhitungan nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelompok kontrol (68,81 > 49,09). Hal ini berarti penerapan model pembelajaran Self Regulated Learning (SRL) berbantuan LKS berpengaruh terhadap prestasi balajar siswa kelas IV di Gugus III Tambora Kecamatan Melaya tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Self Regulated Learning, LKS, Prestasi belajar, Matematika.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)