Penggunaan Video Berbasis Gestur untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak dalam Belajar Tari Bali Bagi Anak Tuna Rungu
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.21238Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaplikasian video berbasis gestur untuk meningkatkan keterampilan gerak dalam belajar Tari Bali bagi anak tuna rungu di SLB Negeri 1 Tabanan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model penelitian pengembangan Dick and Carey. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes. Data diperoleh menggunakan kuesioner/angket dan wawancara. Data penilaian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pada try out pertama putri dalam menarikan Tari Rejang Dewa didapatkan hasil pengukuran dengan rata-rata 64,67, try out kedua didapatkan hasil pengukuran dengan rata-rata 78,33. Pada try out pertama putra dalam menarikan Tari Baris Gede didapatkan hasil pengukuran dengan rata-rata 62,67, try out kedua diperoleh hasil pengukuran dengan rata – rata 76,33. Pada evaluasi putri dalam menarikan Tari Rejang Dewa didapatkan hasil pengukuran dengan rata-rata 85,00. Pada evaluasi putra dalam menarikan Tari Baris Gede didapatkan hasil pengukuran dengan rata-rata 85,33. Hasil pada saat evaluasi ini dikonversikan pada pedoman konversi PAP dan didapatkan hasil pemahaman anak tuna rungu terhadap video tari berbasis gestur dengan kategori tinggi.
Kata kunci: Tari Bali, Gestur, Tuna Rungu
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)