Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Media Visual Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Authors

  • Gusti Ngurah Tresna Widiantara .
  • Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2156

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS berbantuan media visual dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Gugus Petulu berjumlah 128 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Didapat siswa kelas V SDN 2 Petulu yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SDN 1 Petulu yang berjumlah 32 siswa sebagai kelompok kontrol. Data Penelitian dikumpulkan menggunakan tes esai dengan jumlah soal 15. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbantuan Media Visual dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini didasarkan pada hasil analisis data yang menunjukkan thit sebesar 3,088 dan ttab pada taraf signifikansi 5 % dan db = 64 sebesar 2,00 karena thit > ttab, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe TPS berbantuan media visual lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 71,44 > 64,97.Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN Gugus Petulu tahun pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS berbantuan Media Visual, hasil belajar Matematika .

The purpose of this research was to know the differences of students’ achievement in learning math between the students who were learned by cooperative TPS model asisted by visual media and others who were learned by conventional learning method. This learned was a fictional research using nonequivalent control group design. The population of this research was all students in the fifth grade of Gugus Petulu, Ubud. The were 128 students at Gugus Petulu, Ubud. The sample were 34 students in fifth grade of SD 2 petulu as the experimental group and 32 students in fifth grade of SD 1 petulu as control group. The data was collected using essay test with 15 items questions. The obtained data was analyzed using descriptive analysis statistics. The result of the study was where was significant defference in math achievement between the students learned by cooperative TPS model assisted visual media and others learned by conventional learning. It statisticall showed that thit 3.088 and ttab 2.00 in significant average 5% an db = 64 with 2.00. it showed that thit > Ttab , H0 was rejected, and Ha was accepted. The mean score of the students’ achievement in math when being learned by cooperative TPS model assisted by visual media and others were learned by conventional learning was 77.44 > 64.97. it could be concluded that the implementation of cooperative TPS model assisted by visual media had influence toward the the students’ achievement in math of the fifth grade students in SDN Gugus Petulu in the education year 2013/2014.
keyword : Cooperative Learning TPS Visual Media assisted, Math achievment learning.

Published

2014-02-10

How to Cite

., G. N. T. W., ., D. M. R. K., & ., D. N. N. G. M. (2014). Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Media Visual Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2156

Issue

Section

Articles