PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRET TERHADAP HASIL PKn SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • I Made Saptria Parwata .
  • Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .
  • Dr. I Gede Meter,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match berbantuan media semi konkret dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD gugus letkol wisnu tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD gugus letkol wisnu yang berjumlah 333 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling yang diacak adalah kelasnya untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan hasil pengundian yaitu siswa kelas VA SD 1 Peguyangan sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang siswa dan kelas V SD 10 Peguyangan sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa dengan jumlah soal 30. Analisis data menggunakan metode statistik uji-t. Hasil pengujian menunjukan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe make a match berbantuan media semi konkret dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat dibuktikan dari perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen X ̅ = 76,41 > X ̅ = 69,67 pada kelas kontrol dan berdasarkan kreteria pengujian thitung = 3,365> ttabel = 2,00 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media semi konkret berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD gugus letkol wisnu tahun ajaran 2013/2014
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe make a match, Media semi konkret, hasil belajar PKn.

This reseach aims to dermine the existence of significant between the student’s civic achievement learning that learned through cooperative learning make a match model assisted by semi concrete media and the student’s who learned with conventional learning method at the V grade SD gugus Letkol Wisnu academic year 2013/2014. the types reseach are quasi experimental reseach design non equivalent control group desaign. the populations at this reseach were the student’s of V SD gugus Letkol Wisnu for about 333 student’s. this sampling at this reseach were conducted by random sampling technique. the randomized class to determine the experimental class an the control class, and as the result is VA class SD 1 peguyangan as experimental class consist of 40 student’s and V class SD 10 Peguyangan as control class consist of 40 student’s. the data collected by using an objective test with 30 tests of multiple choices. the data analysis by using t-test. the result showed that there were significant differences between the learning achievement of student’s that learned trough cooperative learning make a match model assisted achievement by semi concrete media and the student’s who learned through conventional learning method. it can be proved from the acquisition the average of the experimental class X = 76,41 > X = 69,67 on the control class, based on the criteria the examiner counted=3,365> t tabel = 2,000 so, Ho rejected and Ha accepted. so, it can be concluded that the cooperative learning makes a match model assisted by semi concrete media influences on the civic learning achievement of the student’s grade V SD gugus Letkol Wisnu academic year 2013-2014.
keyword : Cooperative Learning Makes A Match Model, Semi Concrete Media. Civic Learning Achievmenttcomes PKN

Published

2014-02-11

How to Cite

., I. M. S. P., ., D. I. W. D., & ., D. I. G. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA SEMI KONKRET TERHADAP HASIL PKn SISWA DI SEKOLAH DASAR . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2184

Issue

Section

Articles