PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERMEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 PANJER

Authors

  • Ngakan Ketut Oka Miarta .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .
  • Dr. I Wayan Rinda Suardika,S.Pd, M.Si .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching bermedia grafis terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 3 Panjer tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini melalui tiga tahap kegiatan yakni: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 3 Panjer tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol Data yang dikumpulkan adalah nilai hasil belajar IPA dengan nilai kognitif (post test). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunkan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching bermedia grafis dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung = 6,73 > ttabel = 2,000). Rata-rata hasil belajar IPA kelas V yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Quantum Teaching bermedia grafis lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (78,5 > 68,5).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching bermedia grafis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Panjer Tahun Pelajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum Teaching Bermedia Grafis, hasil belajar IPA.

This study aims to determine significant differences Quantum Teaching mediated learning model graphically the results of science learning in fifth grade students of SDN 3 Panjer academic year 2013/2014 . This study was a quasi-experimental study ( quasi experiment ) with a research design that is used is Nonequivalent Control Group Design . This research activity through three stages namely : the preparation phase , the implementation phase and the final phase of the experiment . The population in this study were all fifth grade students of SDN 3 Panjer academic year 2013/2014 . Samples were taken with a random sampling technique . VA class as the experimental class and the control class VB as a class Data collected is the value of science learning outcomes with cognitive scores ( post-test ) . Data collection techniques used , namely by using a multiple-choice objective test . Data analysis was by t test .The results showed that there were significant differences in science learning outcomes between students who learned with using mediated learning model Quantum Teaching graphics with the students who learned with using conventional learning models ( of t = 6.73 > t table = 2.000 ) where the average learning outcomes science class V are learned with Quantum Teaching mediated learning model graphics higher than students who learned with the conventional model (78.5>68.5). It can be concluded that the learning model of Quantum Teaching graphics mediated positive and significant effect on learning outcomes of students in grade 3 Panjer SDN Academic Year 2013/2014.
keyword : Quantum Teaching Learning Model Graphics of media , science learning outcomes .

Published

2014-02-13

How to Cite

., N. K. O. M., ., D. I. N. S., & ., D. I. W. R. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERMEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 3 PANJER . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2204

Issue

Section

Articles