PENGARUH PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERNUANSA LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD N 9 SESETAN

Authors

  • Ni Luh Mita Sri Mahendra Yanti .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .
  • Dr. I Gede Meter,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2205

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) bernuansa media lingkungan sosial dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD N 9 Sesetan tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas Va dan Vb SD N 9 Sesetan tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 83 orang siswa. Sampel yang diambil dari keseluruhan Kelas V SD N 9 Sesetan adalah keseluruhan populasi. Data yang dikumpulkan adalah nilai kognitif (post test) dan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) bernuansa media lingkungan sosial dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD N 9 Sesetan tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan kriteria pengujian thitung > ttabel (2,65>2,00). Rata-rata hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih besar dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (40,91>33,33). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation (GI) bernuansa media lingkungan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD N 9 Sesetan.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation (GI), lingkungan sosial, hasil belajar IPS

The research aim is to know determine of IPS student learning results which is used group investigation learning model with social media environment at class V students of SD N 9 Sesetan school year 2013/2014. This research is quasi experiment with study design which is used non equivalent control group design. The populations of this research are all students of Va and Vb class of SD N 9 Sesetan academic year 2013/2014 for about 83 students. The sample was taken from the entire V class of SD N 9 Sesetan. The data was collected is cognitive score (post test) and analyzed with t-test. The result of this research showed that there are significant differences between learning result of IPS student which used group investigation learning model with social media environment and student used conventional learning toward class V student of SD N 9 Sesetan school years 2013/2014. Based on test criteria t-arithmetic > t- table (2,65 > 2,00). The learning result average of IPS Student that taught with group investigation learning model are bigger than student which is taught by conventional learning (40,91 > 33,33). So, it can be concluded that group investigation learning model with social media environment take effect significantly toward learning results of IPS study at V class of SD N Sesetan.
keyword : group investigation learning model, social environment, IPS learning results.

Published

2014-02-13

How to Cite

., N. L. M. S. M. Y., ., D. I. M. S. M., & ., D. I. G. M. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERNUANSA LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD N 9 SESETAN. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2205

Issue

Section

Articles